Projo & Brojo

Projo & Brojo

by Arswendo Atmowiloto

Itu terjadi ketika bengkel tempat kerjanya digusur, dan dirinya menjadi penganggur.

Ceritanya belum sepenuhnya rampung, karena Brojo mendapat pekerjaan menggantikan Projo yang berada dalam penjara.

Brojo sempat berlatih keras untuk menjadi Projo.Namun ada yang tidak disiapkan.

Bagaimana dengan istri Projo, akankah diperistri juga, karena itu dimungkinkan terjadi di penjara?Projo sendiri menemukan istrinya tidak sepenuhnya setia, justru dengan orang yang selama ini dianggap sahabat dan penolongnya.Wisuni nekat dan datang ke Jakarta, untuk sementara malah tinggal bersama Projo.

Dan ketika Projo menemukan kedamaian, bisa menerima apa yang terjadi selama ini dalam hidupnya, ia ingin kembali ke penjara.Wisuni yang setia, tabah, mencintai suaminya, malah melarangnya.

Kenapa?Projo dan Brojo ditulis pengarangnya ketika berada dalam penjara, dengan bahasa yang irit dalam dialog.

Kadang juga menyimpang apakah dialog itu diucapkan Projo atau Brojo, istri atau kekasih, sahabat atau pengkhianat, pembantu atau entah siapa.

  • Language: Indonesian
  • Category: Novels
  • Rating: 3.41
  • Pages: 368
  • Publish Date: September 2009 by PT Gramedia Pustaka Utama

What People Think about "Projo & Brojo"

Di ruang berterali ini, Brojo bisa mendapat segepok gaji bulanan, rokok mahal, kasur empuk, bahkan punya waktu untuk 'jalan-jalan' keluar tembok. Mampukah Projo dan Brojo bertahan dalam peran masing-masing?

Seperti juga tokoh-tokohnya yang sederhana.

Sayang juga sebenarnya, mengingat kehidupan pengadilan dan penjara sudah pernah dialami sendiri oleh penulis buku ini.

Keadaan yang saling membutuhkan ini mempertemukan mereka dalam sebuah rencana yang telah diatur oleh orang kepercayaan Projo. Ia harus menghadapi permasalahan Projo dengan para wanita-wanitanya juga kerinduan akan istrinya yang sangat sederhana, yaitu Wisuni. Bagaimana keduanya menghadapi keadaan ini dan bagaimana cara mereka mengakhiri cerita ini adalah bagian yang paling menarik dari buku. Keluguannya,sikap nrimo-nya, kesederhanaannya, jg rasa percaya yang besar terhadap pasangannya menjadi penyeimbang di antara pusaran konflik yang sangat rumit antara kehidupan Projo dan Brojo. Jika ada satu hal dalam buku ini yang harus dikomentari adalah masalah penulisan dialog karena jarang diikuti dengan nama pengucapnya, sehingga ada beberapa dialog yang agak membingungkan diucapkan oleh siapa, tapi tentu tidak berpengaruh terlalu banyak terhadap cerita.

Projo dan Brojo sendiri adalah nama dua orang yang berbeda. Brojo akan menggantikan Projo di penjara dengan bayaran yang besar dan Projo akan menjadi orang lain dalam penyamaran dengan tujuan untuk menyelidiki kasusnya, juga istrinya. Ia harus menghadapi permasalahan Projo dengan para wanita-wanitanya juga kerinduan akan istrinya yang sangat sederhana, yaitu Wisuni. Keluguannya, sikap nrimo-nya, kesederhanaannya, juga rasa percaya yang besar terhadap pasangannya menjadi penyeimbang di antara pusaran konflik yang sangat rumit antara kehidupan Projo dan Brojo.

But yah, setidaknya, gue udah membaca buku ini sih. Projo dan Brojo bercerita mengenai dua orang dengan wajah yang mirip abis, tapi beda nasib. Plus, cerita luar biasa mengenai kesederhanaan Wisuni, istri Brojo, dalam menghadapi Projo di luar penjara. Gue sih, belajar mengenai kesederhanaan Wisuni yang bisa membungkam Projo dan kembali mempertanyakan eksistensinya. Gue pikir, akan ada pembahasan mengenai ketidaksetujuannya Wisuni saat Projo ingin bertukar dengan Brojo.

** Books 125 - 2014 ** Novel ini menceritakan kisah dua pria yang bernama Brojo dan Don Sabdono Projokusumo/ Projo. Brojo seorang pria desa yang kerja di bengkel dengan hidup pas2an tinggal bersama istrinya yg bernama wisuni Projo seorang pria yg mantan direktur utama yg terjerat oleh kasus korupsi dan sedang menjalani kurungan penjara 10 tahun.. (Brojo, halaman 35) Novel ini cukup menarik dan menceritakan tentang kisah kehidupan dua pria yg berwajah sama nsmun berbeda nasib dan masalah yang dihadapi.

Yang masih membuat saya bertanya-tanya, bagaimana dua orang bisa mempunyai wajah yang sangat persis kalau bukan kembar identik? Kalau bukan kembar, Projo dan Brojo pasti punya perbedaan ciri wajah. Hanya Wisuni yang bisa membedakan mana Brojo, mana Projo.

kalau kalian tanya: "Seandainya kamu adalah penulis dari buku yang sudah diterbitkan, kira-kira buku apa itu?" saya bakal jawab buku ini. Arswendo adalah satu dari tiga penulis lokal favorit saya.

Bahkan karena prestasinya pula, dia sempat masuk penjara selama lima tahun!